Pemrograman Desktop
Pemrogram Desktop
PRAKTIKUM 1
I. JUDUL
PENGENALAN VISUAL BASIC
II. TUJUAN
- Memahami platform Microsoft .NET;
- Mengenal Integrated Development Environment (IDE) Visual Basic .NET;
- Memahami struktur project Visual Basic .NET;
- Memahami jenis-jenis aplikasi .NET;
- Mampu membangun Graphical User Interface (GUI) menggunakan Visual Basic .NET;
III. ALAT DAN BAHAN
- Microsoft Visual Basic 2008
IV. DASAR TEORI
Platform .NET Framework
Microsoft .NET yang awalnya disebut Next Generation Windows Services (NGWS) adalah suatu platform untuk membangun dan menjalankan generasi penerus aplikasi-aplikasi terdistribusi. Microsoft.NET merupakan framework (kerangka) pengembangan yang menyediakan antarmuka pemrograman baru untuk layanan Windows dan API (Application Programming Interface).Microsoft .NET merupakan strategi Microsoft untuk menghubungkan sistem, informasi, dan alat (device), sehingga orang dapat berkomunikasi serta berkolaborasi dengan lebih efektif. Teknologi .NET terintegrasi penuh melalui produk-produk Microsoft, dan menyediakan kemampuan untuk mengembangkan solusi dengan menggunakan Web service. Platform Microsoft .NET terdiri dari lima komponen utama yang tersusun dalam tiga lapisan (layer). Lapisan paling bawah adalah sistem operasi;lapisan kedua terdiri dari tiga komponen; lapisan teratas adalah Visual Studio .NET.
Visual Studio .NET
Microsoft Visual Studio .NET merupakan kumpulan lengkap tools pengembangan untuk membangun aplikasi Web ASP.NET, XML Web Services, aplikasi dekstop, dan aplikasi mobile. Di dalam Visual Studio inilah bahasa-bahasa pemrograman .NET seperti Visual Basic, Visual C++, Visual C# (CSharp), dan Visual J# (JSharp). Semuanya menggunakan lingkungan pengembangan terintegrasi atau IDE yang sama sehingga memungkinkan untuk saling berbagi tools dan fasilitas.
Visual Basic .NET
Visual Basic .NET (atau VB.NET) merupakan salah satu bahasa pemrograman yang bisa digunakan untuk membangun aplikasi-aplikasi.NET di platform Microsoft .NET. Tidak seperti generasi sebelumnya Visual Basic versi 6.0 ke bawah yang lebih difokuskan untuk pengembangan aplikasi desktop, Visual Basic .NET memungkinkan para pengembang membangun bermacam aplikasi, baik desktop maupun aplikasi web. Seiring dengan perkembangan aplikasi perangkat lunak yang semakin kompleks, saat ini Visual Basic .NET terbaru (Visual Basic 2008).
IDE Visual Basic
IDE (Integrated Development Environment), atau juga disebut sebagai Integrated Design/Debugging Environment, adalah perangkat lunak komputer yang berfungsi untuk membantu pemrogram dalam mengembangkan perangkat lunak. Singkatnya, IDE merupakan suatu lingkungan pengembangan aplikasi yang terintegrasi; lengkap dengan beragam tools atau utilitas pendukung.
V. PROSEDUR PRAKTIKUM
Membuat Project Baru
Project merupakan kerangka dasar aplikasi yang sangat menentukan jenis aplikasi yang akan dibuat. Untuk memulai pembuatan project, ikuti langkah-langkah berikut:
1. Jalankan Visual Basic 2008 Express Edition.
2. Klik menu File > New Project, atau melalui ikon New Project, atau melalui kombinasi tombol Ctrl+N.
3. Pada kotak dialog New Project, pilih template Windows Application, kemudian klik OK.
Windows( Windows Form, Concole, Class Library, WPF dll)
Web(ASP Web Application, ASP.Net Web Servis dll)
Smart Divice (Smart Device Project)
Database(Access dan SQL Server)
Report(Report Application dan Crystal Report)
WCF(Windows Communication Foundation) dll.
Windows Application. Untuk menciptakan aplikasi-aplikasi Windows yang berjalan secara lokal di komputer user.
Class Library. Untuk menciptakan kelas-kelas atau komponenkomponen reusable yang dapat di-share dengan project lainnya.
Console Application. Untuk membuat aplikasi-aplikasi command-line.
Mengenal IDE Visual Basic 2008
Dalam upaya memudahkan penggunaan IDE, maka diperlukan pemahaman yang baik mengenai IDE Visual Basic 2008.
| Interface | Keterangan |
| Menu Bar | Menu standar pada visual Basic |
| Toolbar | Daftar tool yang digunakan untuk menjalankan perintah yang sering digunakan |
| Toolbox | Daftar control yang tambahkan ke dalam program sebagai interface |
| Form Design | Digunakan untuk mengedit tampilan form serta mengatur posisi control pada form |
| Solution Explorer | Digunakan untuk mengolah file dan project |
| Properties | Digunakan untuk mengedit property dari form dan control yang sedang diedit |
| Error List | Digunakan untuk menampilkan pesan error jika terjadi kesalahan |
Membuat Aplikasi Windows
1. Buat project baru, atau lanjutkan project pertama Anda sebelumnya.
2. Tambahkan sebuah kontrol Label ke form, dengan cara mengklik ganda Label di Toolbox, atau men-drag Label ke form. Atur propertinya seperti tabel berikut:
| Object | Properties | Nilai |
| Form1 | Name Text | Frmlatihan Latihan Visual Basic |
| Label | Name | lblText |
3. Tambahkan Event Load pada form dengan salah satu cara berikut:
a. Klik ganda area form kosong.
b. Klik area form kosong, kemudian tekan F7.
4. Lengkapi kode event handler-nya seperti berikut:
Public Class Form1
Private Sub Form1_Load(ByVal sender As Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Me.Load
' Men-set teks kontrol label
Me.lblText.Text = "Belajar Pemrograman Visual Basic"
End Sub
End Class
5. Jalankan aplikasi dengan menekan tombol F5 (di keyboard), atau melalui ikon Start Debugging di toolbar, atau melalui menu Debug > Start Debuging.
6. Simpan aplikasi Anda.
Membuat Aplikasi Console
1. Buat project baru, pilih template Console Application, kemudian klik OK.
2. Lengkapi kode programnya seperti berikut:
Module Module1
Sub Main()
' Mencetak teks ke console
Console.WriteLine("Apa Kabar Teman-Teman ")
Console.WriteLine("Selamat Belajar Pemrograman Visual")
Console.Read()
End Sub
End Module
3. Tekan F5 untuk menjalankan aplikasi.
4. Simpan aplikasi Anda.
VI. HASIL PRAKTIKUM
VII. ANALISA
VIII. KESIMPULAN
PRAKTIKUM 2
I. JUDUL
FORM DAN OBJEK KONTROL (1)
II. TUJUAN
- Memahami dan mengenal Form dan Objek Kontrol;
- Dapat membuat aplikasi sederhana dengan menggunakan form dan objek control.
III. ALAT DAN BAHAN
- Microsoft Visual Basic 2008
IV. DASAR TEORI
Form merupakan media interaksi antara pengguna dengan aplikasi yang dibuat. Form dapat dikatakan sebagai wadah atau penampung objek control yang akan digunakan. Form juga dapat dikatakan objek karena dapat memberikan reaksi saat menemui suatu kejadian. Form dapat dikategorikan menjadi 2 yaitu :
1. Form Dinamis
Yaitu form yang dapat dimanipulasi atau diubah bentuk serta disisipi objek control yang berisi perintah-perintah yang diperlukan oleh aplikasi yang akan dibuat, contoh :
- Window (Windows Form, Console, Class Library, WPF dsb.)
- Web (ASP.Net Web Application, ASP.NET Web Servis dsb)
- Smart Device (Smart Device Project)
- Database(Access dan SQL Server)
- Report (Report Aplication dan Crystal Report)
- WCF (Windows Communication Foundation)
- dll
2. Form Statis
Yaitu form yang tidak dapat dimanipulasi atau diubah bentuk serta disisipi objek control. Form ini hanya dapat dipanggil melalui kode perintah, Contoh :
a. Form Pesan (Messagebox)
Form yang bertugas untuk menampilkan pesan keterangan terhadap suatu kejadian yang diterima oleh aplikasi.
b. InputBox (Kotak Input Pesan)
Form ini digunakan untuk interaksi antara pengguna dengan aplikasi yang dibuat, dimana pengguna tersebut memasukkan suatu nilai lalu mengklik suatu tombol dan menunggu efek yang ditimbulkan oleh aplikasi yang dibuat.
OBJEK KONTROL
Label, TextBox dan Button
Labelmerupakan objek control yang dapat menampilkan output tetapi tidak dapat memberikan input pada saat dijalankan.
TextBox Merupakan objek control yang dapat diberikan input pada saat program dijalankan.
TextBox Merupakan objek control yang dapat diberikan input pada saat program dijalankan.
Buttonmerupakan objek control yang dapat mengeksekusi perintah-perintah yang telah diberikan.
CheckBox dan RadioButton
CheckBoxmerupakan objek control yang berfungsi untuk memilih beberapa item data. Dengan objek ini anda dapat lebih dari satu pilihan dan bahkan memilih semua pilihan tersedia.
RadioButton fungsi hampir sama dengan checkbox, tetapi hanya dapat memilih satu pilihan yang tersedia.
RadioButton fungsi hampir sama dengan checkbox, tetapi hanya dapat memilih satu pilihan yang tersedia.
ComboBox dan ListBox
ComboBox merupakan objek control yang dapat digunakan untuk menampilkan daftar item dengan pilihan dropdown.
ListBox merupakan objek control yang jauh berbeda dengan ComboBox hanya saja pada listbox menu daftar pilihan ditampilkan secara kesuluruhan.
ListBox merupakan objek control yang jauh berbeda dengan ComboBox hanya saja pada listbox menu daftar pilihan ditampilkan secara kesuluruhan.
Timer dan DateTimerPicker
Timermerupakan objek control yang berfungsi untuk mengatur dan menampilkan waktu yang diperlukan.
DateTimerPickerobjek control yang berfungsi untuk menampilkan tanggal dengan menu DropDown.
DateTimerPickerobjek control yang berfungsi untuk menampilkan tanggal dengan menu DropDown.
V. PROSEDUR PRAKTIKUM
CheckBox dan RadioButton
1. Buat project baru, dengan nama Prak2.
2. Desain Tampilan form seperti gambar berikut ini :
3. Tambahkan kontrol ke form seperti pada gambar diatas dan atur propertinya seperti tabel berikut:
| Object | Properties | Nilai |
| Form1 | Name Text | Form1 CheckBox dan RadioButton |
| Label1 | Name | Lbl_Font |
| | Autosize BorderStyle Font TextAlign Text | False Fixed3D Microsoft Sans Serif, 16 Center CheckBox dan RadioButton |
| GroupBox1 | Text | Efek |
| GroupBox2 | Text | Font Style |
| CheckBox1 | Text | StrikeOut |
| CheckBox2 | Text | Underline |
| RadioButton1 | Text | Regular |
| RadioButton2 | Text | Italic |
| RadioButton3 | Text | Bold |
| RadioButton4 | Text | BoldItalic |
4. Klik ganda pada CheckBox1, kemudian ketikkan kode program berikut ini :
Private Sub CheckBox1_CheckedChanged(ByValsender As System.Object, ByVal e AsSystem.EventArgs) HandlesCheckBox1.CheckedChanged
Lbl_Font.Font = New Font("Microsoft sans Serif", Lbl_Font.Font.Size, _
Lbl_Font.Font.Style Xor FontStyle.Strikeout)
End Sub
5. Klik ganda pada CheckBox2, kemudian ketikkan kode program berikut ini :
Private Sub CheckBox2_CheckedChanged(ByValsender As System.Object, ByVal e AsSystem.EventArgs) HandlesCheckBox2.CheckedChanged
Lbl_Font.Font = New Font("Microsoft sans Serif", Lbl_Font.Font.Size, _
Lbl_Font.Font.Style Xor FontStyle.Underline)
End Sub
6. Klik ganda pada RadioButton1, kemudian ketikkan kode program berikut ini :
Private Sub RadioButton1_CheckedChanged(ByVal sender AsSystem.Object, ByVal e AsSystem.EventArgs) HandlesRadioButton1.CheckedChanged
Lbl_Font.Font = New Font("Microsoft sans Serif", Lbl_Font.Font.Size, _
Lbl_Font.Font.Style Xor FontStyle.Regular)
End Sub
7. Klik ganda pada RadioButton2, kemudian ketikkan kode program berikut ini :
Private Sub RadioButton2_CheckedChanged(ByVal sender AsSystem.Object, ByVal e AsSystem.EventArgs) HandlesRadioButton2.CheckedChanged
Lbl_Font.Font = New Font("Microsoft sans Serif", Lbl_Font.Font.Size, _
Lbl_Font.Font.Style Xor FontStyle.Italic)
End Sub
8. Klik ganda pada RadioButton3, kemudian ketikkan kode program berikut ini :
Private Sub RadioButton3_CheckedChanged(ByVal sender AsSystem.Object, ByVal e AsSystem.EventArgs) HandlesRadioButton3.CheckedChanged
Lbl_Font.Font = New Font("Microsoft sans Serif", _
Lbl_Font.Font.Size, Lbl_Font.Font.Style Xor FontStyle.Bold)
End Sub
9. Klik ganda pada RadioButton4, kemudian ketikkan kode program berikut ini :
Private Sub RadioButton4_CheckedChanged(ByVal sender AsSystem.Object, ByVal e AsSystem.EventArgs) Handles RadioButton4.CheckedChanged
Lbl_Font.Font = New Font("Microsoft sans Serif", _
Lbl_Font.Font.Size, Lbl_Font.Font.Style XorFontStyle.Bold Xor FontStyle.Italic)
End Sub
10. Jalankan aplikasi dengan menekan tombol F5 (di keyboard), atau melalui ikon Start Debugging di toolbar, atau melalui menu Debug > Start Debuging.
11. Simpan aplikasi Anda.
VI. HASIL PRAKTIKUM
VII. ANALISA
VIII. KESIMPULAN
PRAKTIKUM 3 – 4
I. JUDUL
FORM DAN OBJEK KONTROL
II. TUJUAN
- Memahami dan mengenal Form dan Objek Kontrol;
- Dapat membuat aplikasi sederhana dengan menggunakan form dan objek control.
III. ALAT DAN BAHAN
- Microsoft Visual Basic 2008
IV. DASAR TEORI
OBJEK KONTROL
MenuStrip, ContextMenuStrip dan RichTextBox
MenuStrip adalah merupakan objek control yang berfungsi untuk membuat menu pilihan dropdown.
ContexMenuStrip adalah merupakan objek control yang berfungsi untuk membuat menu pilihan yang akan tampil pada saat tombol kanan mouse di klik.
RichTextBox adalah merupakan objek control yang fungsinya hampir sama seperti textbox hanya saja di objek control ini lebih banyak menampung karakter dan bisa manipulasi karakter seperti menggaris bawahi sdb.
ContexMenuStrip adalah merupakan objek control yang berfungsi untuk membuat menu pilihan yang akan tampil pada saat tombol kanan mouse di klik.
RichTextBox adalah merupakan objek control yang fungsinya hampir sama seperti textbox hanya saja di objek control ini lebih banyak menampung karakter dan bisa manipulasi karakter seperti menggaris bawahi sdb.
OpenFileDialog dan SaveFileDialog
OpenFileDialogadalah merupakan objek control yang berfungsi untuk membuka kotak dialog Open.
SaveFileDialog berfungsi untuk membuka kotak dialog save yang dimiliki windows.
SaveFileDialog berfungsi untuk membuka kotak dialog save yang dimiliki windows.
ToolStrip dan StatusStrip
ToolStripadalah merupakan objek control yang berfungsi hampir sama dengan tombol pada umumunya hanya saja pada objek control ini setiap tombol memiliki gambar dan digunakan untuk mengakses gambar dengan cepat.
StatusStripdigunakan untuk menampilkan informasi seperti nama aplikasi, jam, tanggal dll. Pada umumnya objek control ini terletak di bagian bawah aplikasi.
V. PROSEDUR PRAKTIKUM
ComboBox dan ListBox
1. Tambahkan Form baru, dengan dengan cara klik kanan pada Prak2. Klik Add, pilih Windows Form … . Beri nama Form2
2. Buatlah desain Tampilan form seperti gambar berikut ini :
3. Tambahkan kontrol ke form seperti pada gambar diatas dan atur propertinya seperti tabel berikut:
| Object | Properties | Nilai |
| Form2 | Name Text Start Position | Form2 ComboBox dan ListBox CenterScreen |
| Label1 | Text | Drive |
| Label2 | Text | Keterangan |
| ComboBox1 | Name | Cmb_Drive |
| ListBox1 | Name | LstInfo |
4. Klik icon view code pada solution Explorer, di atas Public Class Form1, ketikkan kode program berikut ini :
ImportsSystem.IO
Public Class Form2
5. Klik ganda pada form, kemudian ketikkan kode program berikut ini :
Private Sub Form2_Load(ByValsender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles MyBase.Load
Cmb_Drive.Items.AddRange(IO.DriveInfo.GetDrives)
End Sub
6. Klik ganda pada ComboBox, Kemudian ketik kode program berikut ini :
Private Sub Cmb_Drive_SelectedIndexChanged(ByVal sender AsSystem.Object, ByVal e AsSystem.EventArgs) HandlesCmb_Drive.SelectedIndexChanged
LstInfo.Items.Clear()
LstInfo.Items.Add("Nama Drive :"& Dir("" & _
Cmb_Drive.Text & "", FileAttribute.Volume) & "")
LstInfo.Items.Add("System :"& Dir("" & _
Cmb_Drive.Text & "", FileAttribute.System) & "")
Dim dvr As New DriveInfo(Cmb_Drive.Text)
Dim kapasitas = CStr(dvr.TotalSize / 1000000) & " MB"
Dim sisa = CStr(dvr.TotalFreeSpace / 1000000) & " MB"
Dim Terpakai = CStr(Val(kapasitas) - Val(sisa)) & " MB"
LstInfo.Items.Add("Kapasitas : "& kapasitas)
LstInfo.Items.Add("Terpakai : " & Terpakai)
LstInfo.Items.Add("Sisa : " & sisa)
End Sub
7. Jalankan aplikasi dengan menekan tombol F5 (di keyboard), atau melalui ikon Start Debugging di toolbar, atau melalui menu Debug > Start Debuging.
8. Simpan aplikasi Anda
Timer dan DateTimePicker
1. Tambahkan Form baru, dengan dengan cara klik kanan pada Prak2. Klik Add, pilih Windows Form … . Beri nama Form3
2. Buatlah desain Tampilan form seperti gambar berikut ini :
3. Tambahkan kontrol ke form seperti pada gambar diatas dan atur propertinya seperti tabel berikut:
| Object | Properties | Nilai |
| Form3 | Name Text Start Position | Form3 Timer dan DateTimePicker CenterScreen |
| Label1 | name | Lbl12jam |
| Label2 | Name | Lbl24jam |
| DateTimePicker1 | Name | Dtanggal |
| Timer1 | Enable Interval | True 1000 |
4. Klik ganda pada form, ketikkan kode program berikut ini :
Private Sub Form3_Load(ByValsender As System.Object, ByVal e AsSystem.EventArgs) Handles MyBase.Load
DTtanggal.Format = DateTimePickerFormat.Custom
DTtanggal.CustomFormat = "dddd,dd/MM/yyyy"
DTtanggal.Value = Format(Now)
End Sub
5. Klik ganda pada Timer1, ketikkan kode program berikut ini :
Private Sub Timer1_Tick(ByValsender As System.Object, ByVal e AsSystem.EventArgs) Handles Timer1.Tick
Lbl12Jam.Text = Format(Now, "h:mm:ss tt")
Lbl24Jam.Text = Format(Now, "hh:mm:ss")
End Sub
6. Jalankan aplikasi dengan menekan tombol F5(di keyboard), atau melalui ikon Start Debugging di toolbar, atau melalui menu Debug > Start Debuging.
7. Simpan aplikasi Anda
MenuStrip, ContextMenuStrip dan RichTextBox
1. Tambahkan Form baru, dengan dengan cara klik kanan pada Prak2. Klik Add, pilih Windows Form … . Beri nama Form4
2. Buatlah desain Tampilan form seperti gambar berikut ini :
3. Tambahkan menuStrip seperti pada form di atas
4. Tambahkan kontrol ke form seperti pada gambar diatas dan atur propertinya seperti tabel berikut:
| Object | Properties | Nilai |
| Form1 | Name Text Start Position | Form1 NotePad CenterScreen |
| MenuStrip1 | name | MenuStrip1 |
| RichTextBox1 | Name ContextMenuStrip | RchTeks ContextMenuStrip1 |
| ContextMenuStrip1 | Name | ContextMenuStrip1 |
5. Klik ganda pada menu buka, ketikkan kode program berikut ini :
Private Sub BukaToolStripMenuItem_Click(ByVal sender AsSystem.Object, ByVal e AsSystem.EventArgs) HandlesBukaToolStripMenuItem.Click
Dim kotak_dialog AsOpenFileDialog = New OpenFileDialog
kotak_dialog.Filter = "File Text (*.txt) | *.txt"
kotak_dialog.ShowDialog()
Dim fileText As String =My.Computer.FileSystem.ReadAllText(kotak_dialog.FileName)
RchTeks.Text = fileText
End Sub
6. Klik ganda pada menu simpan, ketikkan kode program berikut ini :
Private Sub SimpanToolStripMenuItem_Click(ByVal sender AsSystem.Object, ByVal e AsSystem.EventArgs) HandlesSimpanToolStripMenuItem.Click
Dim kotak_dialog AsSaveFileDialog = New SaveFileDialog
kotak_dialog.Filter = "File Text (*.txt) | *.txt"
kotak_dialog.ShowDialog()
My.Computer.FileSystem.WriteAllText("" & kotak_dialog.FileName & "",RchTeks.Text, False)
End Sub
7. Klik ganda pada menu Baru, ketikkan kode program berikut ini :
Private Sub BaruToolStripMenuItem_Click(ByVal sender AsSystem.Object, ByVal e AsSystem.EventArgs) HandlesBaruToolStripMenuItem.Click
RchTeks.Text = ""
End Sub
8. Klik ganda pada menu ContextMenuStrip dengan menu regular, kemudian ketik kode program berikut ini :
Private Sub RegularToolStripMenuItem_Click(ByVal sender AsSystem.Object, ByVal e AsSystem.EventArgs) Handles RegularToolStripMenuItem.Click
RchTeks.SelectionFont = NewFont(RchTeks.SelectionFont, FontStyle.Regular)
End Sub
9. Klik ganda pada menu ContextMenuStrip dengan menu Bold, kemudian ketik kode program berikut ini :
Private Sub BoldToolStripMenuItem_Click(ByVal sender AsSystem.Object, ByVal e AsSystem.EventArgs) HandlesBoldToolStripMenuItem.Click
RchTeks.SelectionFont = NewFont(RchTeks.SelectionFont, FontStyle.Bold)
End Sub
10. Jalankan aplikasi dengan menekan tombol F5 (di keyboard), atau melalui ikon Start Debugging di toolbar, atau melalui menu Debug > Start Debuging.
11. Simpan aplikasi Anda
VI. HASIL PRAKTIKUM
VII. ANALISA
VIII. KESIMPULAN
PRAKTIKUM 5
I. JUDUL
TIPE DATA, VARIABEL, KONSTANTA DAN OPERATOR
II. TUJUAN
- Memahami dan mengenal Tipe Data, Variabel, Konstanta dan Operator
- Dapat membuat aplikasi sederhana dengan menggunakan Tipe Data, Variabel, Konstanta dan Operator.
III. ALAT DAN BAHAN
- Microsoft Visual Basic 2008
IV. DASAR TEORI
Tipe Data
Tipe data merupakan suatu bentuk penggolongan jenis data berdasarkan kategori data, ukuran dan kegunaan data yang dapat ditampung oleh sebuah variabel. Tipe data pada visual basic 2008 dapat dilihat pada table berikut ini :
| Tipe Data | .Net Tipe | Ukuran | Jangkauan |
| Decimal | System.Decimal | 12 Bytes | 0 – 28 bilangan decimal |
| Byte | System.Byte | 1 Bytes | 0 – 255 |
| Double | System.Double | 8 Bytes | Bilangan negative antara : -1.79769313486232e+308 sampai -4.94065645841247E-324 Bilangan posotif antara : 4.94065645841247E-324 sampai 1.79769313486232e+308 |
| Long | System.Int64 | 4 Bytes | -9.223.372.036.854.775.808 sampai 9.223.372.036.854.775.808 |
| Single | System.Single | 4 Bytes | Bilangan negative antara : -3.402823E sampai -1.401298E Bilangan posotif antara : 1.401289E-45 sampai 3.402823e |
| Integer | System.Int32 | 4 Bytes | -2.147.483.648 sampai -2.147.483.647 |
| Boolean | System.Boolean | 2 Bytes | True or False |
| Date | System.DateTime | 2 Bytes | 1 Januari 0001 sampai 31 Desember 9999 |
| Short | System.Int16 | 2 Bytes | -32.768 – 32.767 |
| Char | System.Char | 2 Bytes | 0 to 65535 |
| String | System.String | 10 Bytes + (2 x jumlah karakter | 0 sampai kira-kira 2 milyar karakter Unicode |
| Object | System.Object | 4 Bytes | Semua Tipe, jenis |
Konversi Tipe Data
Konversi Tipe data adalahsebuah fungsi yang digunakan untuk mengkonversi ( mengubah tipe dari satu tipe ke tipe data yang lain). Konversi tipe data dapat dilihat pada table berikut ini :
| Konversi | Tipe Data | Keterangan |
| CInt | Integer | Integer |
| cBool | Boolean | Nilai 0 false, selain 0 true |
| cByte | Byte | Pembulatan nilai decimal |
| cLng | Long | Pembulatan nilai decimal |
| cCur | Currency | Money |
| cShort | Short | Pembulatan nilai decimal |
| cSng | Single | Pembulatan nilai decimal |
| cDate | Date | DateTime |
| CStr | String | Karakter Unicode |
| cDbl | Double | |
| cDec | Decimal | Bilangan decimal |
| cObj | Object | Object |
Variabel
Variabel adalah merupakan tempat penyimpanan data dalam memori computer yang mengandung data atau nilai sementara dari sebuah proses pada suatu pemrograman.
Deklarasi Variabel
Deklarasi Variabel adalah merupakan fungsi untuk mengenal suatu variabel berikut dengan tipe data yang pakai pada variabel tersebut. Pendeklarasian variabel di bagi menjadi dua kategori antara lain :
1. Deklarasi Ekplisit
Suatu pendeklarasian umum yang sangat sering dilakukan dengan memberikan kata kunci as.
Bentuk umum :
{Private | Public | Dim | …} Nama_Var [{As Tipe data}]
{Private | Public | Dim | …} Nama_Var [{As Tipe data}]
Contoh :
Dim Nim as Integer
Dim Nama as String
2. Deklarasi Emplisit
Deklarasi Emplisit adalah suatu pendeklarasian yang tidak memberikan kata kunci As pada semua variabel tersebut. Melainkan memberikan satu karakter atau symbol di akhir variabel. Tabel symbol deklarasi emplisit.
| Karakter / Simbol | Tipe Data |
| % | Integer |
| $ | String |
| & | Long |
| @ | Currency |
| ! | Single |
| # | Double |
Contoh :
Dim NIM% ‘mewakili tipe data integer
Dim Nama$ ‘ mewakili tipe data string
Ruang Lingkup Variabel
Ruang lingkup variabel sangat mempengaruhi sampai dimana nama variabel tersebut dapat dikenali oleh aplikasi. Ruang Lingkup Variabel dapat digolongkan menjadi :
1. Local Variabel
Local variabel merupakan suatu pendeklarasian variabel di dalam ruang lingkup objek saja. Tidak dapat digunakan di dalam objek lain.
2. Global Variabel
Global variabel adalah merupakan suatu pendeklarasian variabel tidak hanya di dalam ruang lingkup objek saja. Tetapi mencakup semua presedure dan objek.
Konstanta
Konstanta merupakan suatu variabel yang mempunyai nilai tetap dan tidak dapat diubah nilainya.
Deklarasi Konstanta
Deklarasi konstanta :
{Const} Nama_Var [{AS tipedata}]=<nilai>
Contoh :
Const nama_bidang as string=”persegi_panjang”
Public const Panjang As Integer=8
Private const Lebar As Integer=5
Private const luas As Integer=Panjang*Lebar
Private const Keliling As Integer=2*(Panjang+Lebar)
Private const Lebar As Integer=5
Private const luas As Integer=Panjang*Lebar
Private const Keliling As Integer=2*(Panjang+Lebar)
Deklarasi Konstanta Enumerasi
Deklarasi Konstanta Enumerasi merupakan pendeklarasian daftar konstanta yang bersipat global . Dengan deklarasi konstanta enumerasi dapat membuat daftar konstanta sendiri dapam bentuk seperti modul kelas dan dapat diakses oleh projek lain.
Format penulisannya :
{Private | Public | …. }[enum] Nama_Variabel_konstanta
Contoh :
Const nama_bidang as string=”persegi_panjang”
Private const Panjang As Integer=8
Private const Lebar As Integer=5
Private const luas As Integer=Panjang*Lebar
Private const Keliling As Integer=2*(Panjang+Lebar)
Private const Lebar As Integer=5
Private const luas As Integer=Panjang*Lebar
Private const Keliling As Integer=2*(Panjang+Lebar)
Public enum Hitung
Luas = Luas
Keliling=Keliling
end Enum
Luas = Luas
Keliling=Keliling
end Enum
A=Hitung.Luas ‘menggunakan variabel enum luas
B=Hitung.Kelilin ‘ menggunakan variabel enum keliling
B=Hitung.Kelilin ‘ menggunakan variabel enum keliling
Operator
Operator Aritmatika
Operator Aritmatika adalah merupakan suatu operator perhitungan matematika yang digunakan untuk proses perhitungan matematika. Operator aritmatika dapat dilihat pada table berikut ini :
| Operator | Fungsi |
| + | Penjumlahan |
| - | Pengurangan |
| * | Perkalian |
| / | Pembagian |
| Mod | Sisa hasil pembagian |
| ^ | Perpangkatan |
Operator Perbandingan
Operator perbandingan adalah merupakan suatu operator yang menyatakan suatu kondisi itu benar atau salah. Operator perbandingan dapat dilihat pada table berikut ini :
| Operator | Fungsi |
| <> | Tidak sama dengan |
| < | Lebih kecil |
| > | Lebih besar |
| >= | Lebih besar sama dengan |
| <= | Lebih kecil sama dengan |
| Like | Ciri yang sama |
| Is | keterangan |
Operator Logika
Operator Logika adalah merupakan suatu operator yang dapat membandingkan dua ekspresi atau lebih data logika (Boolean) dan menghasilkan data logika (Boolean) baru. Operator logika dapat dilihat pada table berikut ini:
| Operator | Fungsi |
| NOT | Tidak |
| AND | Dan |
| OR | Atau |
| XOR | Ekslusif atau |
Operator Penugasan
Operator penugasan adalah merupakan operator yang bertugas untuk menentukan nilai yang dikeluarkan oleh suatu variabel terhadap kondisi tertentu.
| Operator | Fungsi |
| = | Sama dengan |
Operator Penggabungan (Concatenation)
Operator Penggabungan adalah merupakan suatu operator yang dapat digunakan untuk menggabungkan dua buah string atau lebih. Operator Penggabungan dapat dilihat pada table berikut ini :
| Operator | Fungsi |
| + | Plus |
| & | Dan |
A. PRAKTIKUM
Variabel Lokal
1. Buat project baru, dengan nama Prak3.
2. Desain Tampilan form seperti gambar berikut ini :
3. Tambahkan kontrol ke form seperti pada gambar diatas dan atur propertinya seperti tabel berikut:
| Object | Properties | Nilai |
| Form1 | Name Text | Form1 Variabel Lokal |
| Button1 | Name Text | BtnExit E&xit |
4. Klik ganda pada BtnExit1, kemudian ketikkan kode program berikut ini :
Dim tutup As String
tutup = MessageBox.Show("Anda yakin tutup form ini ?", "Lokal Variabel", MessageBoxButtons.YesNo, MessageBoxIcon.Question)
If tutup = MsgBoxResult.Yes Then
End
Else
End If
5. Jalankan aplikasi dengan menekan tombol F5(di keyboard), atau melalui ikon Start Debugging di toolbar, atau melalui menu Debug > Start Debuging.
6. Simpan aplikasi Anda.
Variabel Global
1. Tambahkan form baru , dengan nama Form2.
2. Desain Tampilan form seperti gambar berikut ini :
3. Tambahkan kontrol ke form seperti pada gambar diatas dan atur propertinya seperti tabel berikut:
| Object | Properties | Nilai |
| Form2 | Name Text | Form2 Variabel Global |
| Button1 | Name Text | BtnExit E&xit |
4. Klik ganda pada Form2, kemudian ketikkan kode program berikut ini :
Public Class Form2
Dim tutup As String
5. Klik ganda pada BtnExit, kemudian ketikkan kode program berikut ini :
tutup = MessageBox.Show("Anda yakin tutup form ini ?", "Global Variabel", MessageBoxButtons.YesNo, MessageBoxIcon.Question)
If tutup = MsgBoxResult.Yes Then
End
Else
End If
6. Jalankan aplikasi dengan menekan tombol F5(di keyboard), atau melalui ikon Start Debugging di toolbar, atau melalui menu Debug > Start Debuging.
7. Simpan aplikasi Anda.
Operator
1. Tambahkan Form baru, dengan nama Form3.
2. Desain Tampilan form seperti gambar berikut ini :
3. Tambahkan kontrol ke form seperti pada gambar diatas dan atur propertinya seperti tabel berikut:
| Object | Properties | Nilai |
| Form3 | Name Text | Form3 Operator |
| Label1 | Text | Nilai1 |
| Label2 | Text | Operator |
| Label3 | Text | Nilai2 |
| Label4 | Text | Hasil |
| TextBox1 | Name | TxtNilai1 |
| ComboBox1 | Name | CmbOperator |
| TextBox2 | Name | TxtNilai2 |
| TextBox3 | Name | TxtHasil |
| Button1 | Name Text | BtnProses Proses |
4. Klik ganda pada Form3, kemudian ketikkan kode program berikut ini :
CmbOperator.Items.Add("+")
CmbOperator.Items.Add("-")
CmbOperator.Items.Add("x")
CmbOperator.Items.Add("/")
CmbOperator.Items.Add("Sisa")
CmbOperator.Items.Add("Pangkat")
CmbOperator.Items.Add("<>")
CmbOperator.Items.Add("<")
CmbOperator.Items.Add(">")
CmbOperator.Items.Add("<=")
CmbOperator.Items.Add(">=")
CmbOperator.Items.Add("Like")
CmbOperator.Items.Add("Not")
CmbOperator.Items.Add("And")
CmbOperator.Items.Add("Or")
CmbOperator.Items.Add("Xor")
CmbOperator.Items.Add("+p")
CmbOperator.Items.Add("&")
5. Klik ganda pada tombol Proses, lalu ketikkan kode program berikut ini :
Select CaseCmbOperator.Text
Case "+"
TxtHasil.Text = Val(TxtNilai1.Text) + Val(TxtNilai2.Text)
Case "-"
TxtHasil.Text = Val(TxtNilai1.Text) - Val(TxtNilai2.Text)
Case "x"
TxtHasil.Text = Val(TxtNilai1.Text) * Val(TxtNilai2.Text)
Case "/"
TxtHasil.Text = Val(TxtNilai1.Text) / Val(TxtNilai2.Text)
Case "Sisa"
TxtHasil.Text = Val(TxtNilai1.Text) modVal(TxtNilai2.Text)
Case "Pangkat"
TxtHasil.Text = Val(TxtNilai1.Text) ^ Val(TxtNilai2.Text)
Case "<>"
TxtHasil.Text = TxtNilai1.Text <> TxtNilai2.Text
Case "<"
TxtHasil.Text = TxtNilai1.Text < TxtNilai2.Text
Case ">"
TxtHasil.Text = TxtNilai1.Text > TxtNilai2.Text
Case "<="
TxtHasil.Text = TxtNilai1.Text <=TxtNilai2.Text
Case ">="
TxtHasil.Text = TxtNilai1.Text >=TxtNilai2.Text
Case "Like"
TxtHasil.Text = TxtNilai1.Text Like TxtNilai2.Text
Case "Not"
TxtHasil.Text = Not TxtNilai1.Text = TxtNilai2.Text
Case "And"
TxtHasil.Text = TxtNilai1.Text = "STIKOM"And TxtNilai2.Text = "STIKOM"
Case "Or"
TxtHasil.Text = TxtNilai1.Text = "STIKOM"Or TxtNilai2.Text = "STIKOM"
Case "Xor"
TxtHasil.Text = TxtNilai1.Text = "STIKOM"Xor TxtNilai2.Text = "STIKOM"
Case "+P"
TxtHasil.Text = TxtNilai1.Text + TxtNilai2.Text
Case "&"
TxtHasil.Text = TxtNilai1.Text & TxtNilai2.Text
End Select
6. Jalankan aplikasi dengan menekan tombol F5(di keyboard), atau melalui ikon Start Debugging di toolbar, atau melalui menu Debug > Start Debuging.
7. Simpan aplikasi Anda.
VI. HASIL PRAKTIKUM
VII. ANALISA
VIII. KESIMPULAN
PRAKTIKUM 6 - 7
PENCABANGAN
I. JUDUL
Percabangan
II. TUJUAN
- Memahami dan mengenal Pencabangan (if … then dan Select Case ….)
- Dapat membuat aplikasi sederhana dengan menggunakan Pencabangan (if … then dan Select Case …)
III. ALAT DAN BAHAN
- Microsoft Visual Basic 2008
IV. DASAR TEORI
Pencabangan
Pencabangan adalah merupakan perintah yang dapat memberikan pilihan suatu kondisi, program akan menjalankan perintah apabila suatu kondisi memenuhi syarat tertentu. Pencabangan dapat dibedakan menjadi :
a. IF … THEN
If … then merupakan pencabangan yang mempunyai satu pencabangan atau satu blok perintah. Format penulisannya :
If kondisi then
[perintah]
End if
b. IF … THEN … ELSE
Suatu perintah pencabangan bersarang (Nested If) yang merupakan perkembangan dari perintah pencabangan IF.. THEN, yang dapat menjalankan satu blok perintah, yang memiliki dua nilai atau syarat bahkan lebih yang akan diuji untuk menjalankan sautu kondisi tertentu. Bila kondisi pertama benar maka jalankan perintah blok pertama, jika kondisi pertama salah maka jalankan perintah blok kedua dan selanjutnya.
Format Penulisannya :
IF (kondisi) then
[perintah]
ELSE
[perintah]
End if
Dan
If (kondisi2) then
[perintah]
ELSEIF (kondisi2) Then
[perintah]
…
ELSE
[perintah]
End If
c. Select … Case …
Select Case adalah control pencabangan yang mempunyai fungsi hampir sama dengan pencabangan if … then… else. Select mempunyai penulisan dan pembacaan yang lebih mudah, efektif dan efesien. Namun mempunyai kelemahan yaitu tida dapat menguji lebih dari satu ekspresi atau unkapan. Format penulisannya adalah sebagai berikut :
Select Case kondisi
Case | Case is = ekspresi1
[perintah1]
Case | Case is = ekspresi2
[perintah2]
Case | Case is = ekspresi3
[perintah3]
…
Case Else
[perintah]
End Select
V. PROSEDUR PRAKTIKUM
Pencabangan IF.. , IF.. ELSE, CASE..
1. Buat form baru.
2. Desain Tampilan form seperti gambar berikut ini :
3. Tambahkan kontrol ke form seperti pada gambar diatas dan atur propertinya seperti tabel berikut:
| Object | Properties | Nilai |
| Form1 | Name Text | Form1 Pencabangan IF |
| Button1 | Name Text | Btn_if IF.. ENDIF |
| Button2 | Name Text | Btn_if_else IF.. ELSE.. ENDIF |
| Button3 | Name Text | Btn_case CASE.. ENDCASE |
4. Klik ganda pada Btn_if, kemudian ketikkan kode program berikut ini :
| Private Sub Btn_if_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Btn_if.Click Dim usia As String, nilai As Single, thn As Integer usia = InputBox("Usia Pegawai saat ini?", "Batasan usia pensiun", 0) nilai = Val(usia) If nilai >= 55 Then thn = nilai - 55 MessageBox.Show("usia pegawai : " & usia & " Tahun", "Konfirmasi", MessageBoxButtons.OK, MessageBoxIcon.Information) MessageBox.Show("Keterangan : Pegawai harus pensiun " & thn & " tahun yang lalu", "Konfirmasi", MessageBoxButtons.OK, MessageBoxIcon.Information) End If End Sub |
5. Klik ganda pada Btn_if_else, kemudian ketikkan kode program berikut ini :
| Private Sub Btn_if_else_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Btn_if_else.Click Dim usia As String, nilai As Single, thn As Integer usia = InputBox("Usia Pegawai saat ini?", "Batasan usia pensiun", 0) nilai = Val(usia) If nilai >= 55 Then thn = nilai - 55 MessageBox.Show("usia pegawai : " & usia & " Tahun", "Konfirmasi", MessageBoxButtons.OK, MessageBoxIcon.Information) MessageBox.Show("Keterangan : Pegawai harus pensiun " & thn & " tahun yang lalu", "Konfirmasi", MessageBoxButtons.OK, MessageBoxIcon.Information) Else thn = 55 - nilai MessageBox.Show("usia pegawai : " & usia & " Tahun", "Konfirmasi", MessageBoxButtons.OK, MessageBoxIcon.Information) MessageBox.Show("Keterangan : Pegawai akan pensiun " & thn & " lagi", "Konfirmasi", MessageBoxButtons.OK, MessageBoxIcon.Information) End If End Sub |
6. Klik ganda pada Btn_case, kemudian ketikkan kode program berikut ini :
| Private Sub Btn_case_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Btn_case.Click Dim isian As String, usia As Integer isian = InputBox("Usia anda saat ini?", "Status Anda") usia = Val(isian) MessageBox.Show("Usia Anda saat ini : " & usia & " tahun", "Konfirmasi", MessageBoxButtons.OK, MessageBoxIcon.Information) Select Case usia Case 1 To 4 MessageBox.Show("Anda sekarang tergolong balita", "Konfirmasi", MessageBoxButtons.OK, MessageBoxIcon.Information) Case 5 To 16 MessageBox.Show("Anda sekarang tergolong anak-anak", "Konfirmasi", MessageBoxButtons.OK, MessageBoxIcon.Information) Case 17 To 24 MessageBox.Show("Anda sekarang tergolong remaja", "Konfirmasi", MessageBoxButtons.OK, MessageBoxIcon.Information) Case 25 To 55 MessageBox.Show("Anda sekarang tergolong dewasa", "Konfirmasi", MessageBoxButtons.OK, MessageBoxIcon.Information) Case Is >= 56 MessageBox.Show("Anda sekarang tergolong manula", "Konfirmasi", MessageBoxButtons.OK, MessageBoxIcon.Information) Case Else MessageBox.Show("Anda salah memasukkan usia", "Konfirmasi", MessageBoxButtons.OK, MessageBoxIcon.Information) End Select End Sub |
7. Jalankan aplikasi dengan menekan tombol F5(di keyboard), atau melalui ikon Start Debugging di toolbar, atau melalui menu Debug > Start Debuging.
8. Simpan aplikasi Anda.
PencabanganBersarang (NESTED IF)
1. Buat project baru, dengan nama Prak4.
2. Desain Tampilan form seperti gambar berikut ini :
3. Tambahkan kontrol ke form seperti pada gambar diatas dan atur propertinya seperti tabel berikut:
| Object | Properties | Nilai |
| Form1 | Name Text | Form1 Pencabangan IF |
| Label1 | Text | User Name |
| Label2 | Text | Password |
| TextBox1 | Name | TxtUserName |
| TextBox2 | Name PasswordChar | TxtPassword * |
| Button1 | Name Text | BtnLogin Login |
| Button2 | Name Text | BtnCancel Cancel |
4. Klik ganda pada BtnLogin, kemudian ketikkan kode program berikut ini :
If TxtPassword.Text = ""And TxtUserName.Text = ""Then
MessageBox.Show("User name dan Password harus diisi", "Konfirmasi", MessageBoxButtons.OK, MessageBoxIcon.Question)
TxtUserName.Focus()
ElseIf TxtPassword.Text = ""Then
MessageBox.Show("Password harus diisi", "Konfirmasi", MessageBoxButtons.OK, MessageBoxIcon.Question)
TxtPassword.Focus()
ElseIfTxtUserName.Text = "" Then
MessageBox.Show("User name harus diisi", "Konfirmasi", MessageBoxButtons.OK, MessageBoxIcon.Question)
TxtUserName.Focus()
ElseIf TxtUserName.Text = "STIKOM"And TxtPassword.Text = "1234"Then
MessageBox.Show("Password dan User Name Benar", "Konfirmasi", MessageBoxButtons.OK, MessageBoxIcon.Question)
Else
MessageBox.Show("Password dan User Name Anda Salah, ulangi lagi", "Konfirmasi", MessageBoxButtons.OK, MessageBoxIcon.Question)
TxtUserName.Text = ""
TxtUserName.Text = ""
TxtUserName.Focus()
End If
End Sub
5. Klik ganda pada BtnCancel, kemudian ketikkan kode program berikut ini :
End
6. Jalankan aplikasi dengan menekan tombol F5(di keyboard), atau melalui ikon Start
7. Debugging di toolbar, atau melalui menu Debug > Start Debuging.
8. Simpan aplikasi Anda.
VI. HASIL PRAKTIKUM
VII. ANALISA
VIII. KESIMPULAN
PRAKTIKUM 8
I. JUDUL
Perulangan
II. TUJUAN
- Memahami dan mengenal Perulangan (For … Next, While, Do While)
- Dapat membuat aplikasi sederhana dengan menggunakan Perulangan (For … Next, While, Do While)
III. ALAT DAN BAHAN
- Microsoft Visual Basic 2008
IV. DASAR TEORI
PERULANGAN
Perintah perulangan adalah merupakan control perulangan yang berfungsi untuk melakukan perulangan (iterasi) dari suatu blok program secara berulang-ulang.
For … Next
For … Next merupakan suatu control perulangan yang mempunayi nilai tetap, jumlah perulangan telah diketahui sebelumnya. Format penulisannya adalah sebagai berikut :
ForCounter=niali_awal to nilai_akhir
[ Perintah ]
Next (Counter)
For Each … In … Next
Merupakan suatu control yang digunakan untuk perulangan yang jumlah pengulangannya sesuai dengan jumlah elemen dari suatu koleksi objek dan biasanya tidak diketahui dengan pasti berapa jumlahnya. Koleksi merupakan kumpulan data atau objek yang didefinisikan dengan kode program.
Format Penulisannya :
For Eachelemen In Group
[ Perintah ]
[ Perintah ]
Next [elemen]
While …
While merupakan suatu control perulangan yang berfungsi untuk melakukan perulangan yang memiliki satu syarat tertentu. Dan akan terus dijalankan selama syarat tersebut terpenuhi dan begitupun sebaliknya jika syarat tidak terpenuhi maka pernyataan tidak akan dijalankan.
Format Penulisannya :
While(kondisi)
[perintah1]
[perintah2]
[perintah2]
…
End While
End While
DO While … LOOP
Merupakan suatu control perulangan yang melakukan perulangan terlebih dahulu dan bentuk pengujian dilakukan belakangan atau sebaliknya.
Format penulisannya :
DO While (kondisi)
[perintah1]
[Exit Do]
[perintah2]
LOOP
Bentuk 2
DO
[perintah1]
[Exit Do]
[perintah2]
LOOP While (kondisi)
DO UNTIL
Jika Do While melakukan perulangan selama kondisi memenuhi until akan melakukan perulangan hingga kondisi memenuhi. Selama kondisi tidak memenuhi, loop akan dijalankan terus.
Format penulisannya :
DO
[perintah1]
LOOP UNTIL
A. PRAKTIKUM
Perulangan FOR
1. Buat project baru dengan nama Prak8.
2. Desain Tampilan form seperti gambar berikut ini :
3. Tambahkan kontrol ke form seperti pada gambar diatas dan atur propertinya seperti tabel berikut:
| Object | Properties | Nilai |
| Form1 | Name Text | Form1 Perulangan FOR |
| Label1 | Text | Tgl/Bln/Thn |
| ComboBox1 | Name | CmbTgl |
| ComboBox2 | Name | CmbBln |
| ComboBox3 | Name | CmbThn |
4. Klik ganda pada Form1, kemudian ketikkan kode program berikut ini :
Dim tgl, bln, thn As Integer
For tgl = 1 To 31
cmbTgl.Items.Add(tgl)
Next tgl
For bln = 1 To 12
cmbBln.Items.Add(bln)
Next bln
For thn = 1900 To9999
CmbThn.Items.Add(thn)
Next thn
5. Jalankan aplikasi dengan menekan tombol F5(di keyboard), atau melalui ikon Start Debugging di toolbar, atau melalui menu Debug > Start Debuging.
6. Simpan aplikasi Anda.
Perulangan WHILE
1. Tambahkan Form baru, dengan nama Form3.
2. Desain Tampilan form seperti gambar berikut ini :
3. Tambahkan kontrol ke form seperti pada gambar diatas dan atur propertinya seperti tabel berikut:
| Object | Properties | Nilai |
| Form1 | Name Text | Form1 Perulangan WHILE |
| Label1 | Text | Batas |
| Label2 | Text | Tampilkan |
| TextBox1 | Name | TxtBatas |
| ListBox1 | Name | ListBox1 |
| Button1 | Name Text | Button1 Proses |
4. Klik ganda pada Proses, kemudian ketikkan kode program berikut ini :
Dim angka As Integer
ListBox1.Items.Clear()
angka = 1
While angka <= Val(TxtBatas.Text)
ListBox1.Items.Add(angka)
angka = angka + 1
End While
5. Jalankan aplikasi dengan menekan tombol F5(di keyboard), atau melalui ikon Start Debugging di toolbar, atau melalui menu Debug > Start Debuging.
6. Simpan aplikasi Anda.
Perulangan DO WHILE…LOOP
1. Tambahkan Form baru, dengan nama Form4.
2. Desain Tampilan form seperti gambar berikut ini :
3. Tambahkan kontrol ke form seperti pada gambar diatas dan atur propertinya seperti tabel berikut:
| Object | Properties | Nilai |
| Form1 | Name Text | Form1 Perulangan DO WHILE … LOOP |
| Label1 | Text | Angka |
| TextBox1 | Name | TxtAngka |
| Button1 | Name Text | Button1 Proses |
4. Klik ganda pada Proses, kemudian ketikkan kode program berikut ini :
Dim X%
X = TxtAngka.Text
Do
X = X Mod 2
If X = 0 Then
MsgBox("Bilangan Genap")
Exit Do
ElseIf X = 1 Then
MsgBox("Bilangan Ganjil")
ExitDo
End If
Loop While Not X
5. Jalankan aplikasi dengan menekan tombol F5(di keyboard), atau melalui ikon Start Debugging di toolbar, atau melalui menu Debug > Start Debuging.
6. Simpan aplikasi Anda.
Perulangan FOR EACH … IN…NEXT
1. Tambahkan Form baru, dengan nama Form5.
2. Desain Tampilan form seperti gambar berikut ini :
3. Tambahkan kontrol ke form seperti pada gambar diatas dan atur propertinya seperti tabel berikut:
| Object | Properties | Nilai |
| Form5 | Name Text | Form5 Perulangan FOR EACH … IN…NEXT |
| Button1 | Name Text | Button1 Button1 |
| Button2 | Name Text | Button2 Button2 |
| Button3 | Name Text | Proses Button3 |
4. Klik ganda pada Proses, kemudian ketikkan kode program berikut ini :
For Each ctrl In Controls
ctrl.Text = "Tombol"
Next
5. Jalankan aplikasi dengan menekan tombol F5(di keyboard), atau melalui ikon Start Debugging di toolbar, atau melalui menu Debug > Start Debuging.
6. Simpan aplikasi Anda.
VI. HASIL PRAKTIKUM
VII. ANALISA
VIII. KESIMPULAN
Komentar
Posting Komentar